Monday, March 5, 2007

Himpunan Mahasiswa Sipil ITB

Himpunan Mahasiswa Sipil ITB,

TWO THUMBS UP!

Organisasi kemahasiswaan terbaik yang pernah kutahu (rada narsis). Tempat dimana manusia-manusia 'tak utuh' diubah menjadi 'utuh'. Tempat dimana mental digoncang, digelegar, dibangun, diperbarui! Tempat yang aku harap aku akan ada didalamnya beberapa tahun lagi dan memberikan apa yang aku bisa berikan. Tempat dimana aku menyadari aku adalah mahasiswa.

Menyandang kata 'maha' dengan subjek 'siswa', apa yang terlintas di pikiran? Mudah? Ngga sama sekali!

Hms_itb_2005_38Aku dulu berstatus siswa taman kanak-kanak. Benar, tempat itu bagaikan taman dalam arti harafiahnya. Indah dengan keindahannya. Kemudian aku dikatakan siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Tedengar biasa-biasa saja..., hanya perubahan kata dasar ke menengah. Pemikiran ini mungkin tidak sepenuhnya benar. Bukan hanya sekedar perubahan kata. Namun itulah kenyataan yang sempat kualami. Tak menelusurinya lebih jauh dan lebih dalam. Beberapa saat di masa lalu aku mendengar nasihat dari seseorang, "Grow up..., kamu sudah SMA!". Dan sekarang terasa bertambah lagi menjadi, "Lakukan sesuatu yang berguna!".

Nasihat yang benar-benar benar! Pemikiran matang akan terus mencoba menyadari sudah sejauh mana dia melangkah dalam rentang waktu hidupnya yang sudah jauh. Setidaknya lebih jauh dari hari kemarin! Beruntung, kesadaran itu pernah muncul dan membawaku masuk ke kehidupan sekarang sekaligus masuk ke komunitas yang menurutku punya caranya sendiri untuk tujuan yang sama (tersirat ataupun terungakap), mendewasakan diri manusia di dalamnya!

HMS-ITB, I'm just proud to be a part of it! Tradisi di dalamnya terus bertahan dan terus hidup. Tidak mau diatur begitu saja tetapi berusaha mengatur diri sendiri. Bukan tindakan bodoh tapi brillian, saat kita meyakinkan diri kita dan orang-orang yang mau bekerjasama dengan kita bahwa kita bisa, kita harus bisa, dan kita bisa!!

Cukup tiga minggu kulalui untuk mengetahui pentingnya kesadaran diri, siapa kita dan dimanakah posisi kita. Esensi dari Seminar Rakyat salah satunya. Tri Dharma Perguruan Tinggi, sekarang sebaiknya tidaklah hal yang asing lagi untukku..., supposed to be and I'm trying! Kata maha itu hanya akan mempermalukan diri kita sendiri ketika orang-orang yang menyadari posisinya melihat keadaan kita. Malu karena salah, yakin karena benar! Well, dalam hal ini benar atau salah cukup jelas dalam hal yakin atau tidaknya kita mengambil tindakan. I actually don't say any parameter to determine something is right or wrong according to the law because..."Who knows??" Sekarang tinggalkan malu namun mulailah berjalan di jalur yang selayaknya. Setidaknya, ketika kita melakukan kesalahan, kita ada di wilayah dimana kita tahu itu kesalahan dan kemudian lakukan evaluasi diri, hanya dalam lingkup pekerjaan dan tugas sesuai posisi yang kita miliki.

Evaluasi demi evaluasi di setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh HMS-ITB bukan omong kosong dan pekerjaan tak berarti yang berlalu sebagai sejarah. Mamfaatnya sangat terasa dan itu sedikit banyak mulai kualami di lingkungan HMS-ITB meskipun ini semua tergantung pemikiran setiap individu. Aku adalah aku dan itulah yang kupikirkan. "Grow up!", bagaikan terucap untuk yang kesekian kalinya. Bukan suara yang harus terdengar namun keadaan yang muncul di hadapan kita yang menuntut tanggung jawab dan kemurnian hati dalam melakukannya. No murmuring, not thinking as it's a burden, not without pleasure. Jika memang mahasiswa inilah esensi semanya itu.

Aku sendiri masih akan belajar banyak dan akan terus dalam proses, aku punya kekurangan dan berusaha mengenalinya kemudain memperbaikinya adalah hal pertama yang terpenting untuk dilakukan.

Salut untuk mereka yang telah melakukan yang terbaik yang mereka bisa untuk HMS-ITB. Jika memang tulus, no murmuring, not thinking as it's a burden, not without pleasure, semua akan nyata terlihat dari sikapnya sebagai mahasiswa. Bukan sekedar arogansi sesaat namun kerendahan hati. Pemikiran 'Aku belum memberikan cukup banyak bahkan mungkin belum apa-apa namun aku senang bahwa ada kesempatan memberikan sesuatu!', untukku itulah yang terpenting! Semua akan kembali kepada kita!

HIDUP HMS-ITB!

1 comment:

  1. wow wow wow.. udah kayak apa aja... ya bagus deh klo u merasakan sesuatu disana.. so jangan menghilang lagi.. n tetep rajin disana.. jadi kau bisa merasakan hal2 yg lebih banyak lagi.. kita bareng2 disana n mencari sesuatu yg tak di dapat kan di tempat lain.. okay...

    ReplyDelete